Asal Muasal Permainan Olahraga Tarik Tambang

Oleh : ftrrahman | 2022-03-31 14:30:03

Lomba tarik tali berawal dari upacara dan pemujaan kuno yang tersebar di seluruh dunia, seperti di Mesir, Burma, India, Kalimantan, Jepang, Korea, Hawaii, dan Amerika Selatan. Tarik tambang kuno dilakukan dalam berbagai gaya. Di Afghanistan, tim menggunakan tongkat kayu sebagai pengganti tali untuk menarik. Di Korea, anak-anak saling merangkul pinggang untuk membentuk rantai tarik tambang yang hidup. Tarik tambang bukan hanya olahraga tim. Di beberapa negara, ada tarik ulur versi man to man. Eskimo Kanada masih memiliki kontes tarik tambang yang dikenal sebagai "arsaaraq". Ini adalah kontes tarik tambang dengan penarik duduk di tanah, menggunakan tali pendek. Orang yang menarik lawannya dari posisi duduknya adalah pemenangnya.
Kemudian tarik tambang menjadi kontes murni kekuatan fisik. Di Yunani, tempat lahirnya Olimpiade kuno, olahraga tarik tambang sekitar 500 SM dipraktikkan oleh para atlet baik sebagai olahraga kompetitif atau sebagai latihan dalam pelatihan fisik untuk olahraga lainnya. Di Eropa Barat, bukti tarik ulur ditemukan pada tahun 1000 M, dalam kisah pahlawan heroik Skandinavia dan Jerman, yang berpartisipasi dalam apa yang disebut "kraftige spiele" (permainan kekuatan). Tarik tambang olahraga ditampilkan di pengadilan Kaisar Cina, serta di Mongolia dan Turki. Dalam 15 adalah kontes populer di turnamen di Chateaux Prancis dan di Kompetisi di Inggris. Tarik tambang abad ke.
Dengan berdirinya asosiasi tarik tambang nasional, kebutuhan akan kompetisi internasional berkembang secara simultan. Keputusan untuk membentuk federasi internasional diambil pada tahun 1960 oleh George Hutton dari The Tug of War Association of England yang bekerja sama dengan perwakilan dari asosiasi Swedia lalu gagasan itu diwujudkan.
Kompetisi internasional pertama diadakan di Baltik Games di Malmö, Swedia. The Tug of War International Federation (TWIF), berpartisipasi dengan empat negara; Inggris Raya (diwakili oleh Wood Treatment Bosley dari Cheshire), Swedia, Belanda dan Denmark. Setelah kompetisi internasional pertama di Baltic Games, pada tahun 1965 TWIF menyelenggarakan kejuaraan Eropa pertamanya di Crystal Palace, London. Sejak tahun itu, dengan interval reguler, Kejuaraan Eropa diadakan hingga 1975, ketika negara-negara dari luar Eropa berafiliasi dengan TWIF, menghasilkan Kejuaraan Dunia pertama di Belanda. Saat ini TWIF menyelenggarakan Kejuaraan Dunia setiap 2 tahun sekali. Kejuaraan Eropa diselenggarakan pada tahun-tahun berikutnya.
Tags : Tarik Tambang, Sejarah