breaking news New

MAKANAN KHAS BALI TERPOPULER YANG RASANYA TIDAK PERLU DIRAGUKAN

Bali merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang ibukotanya bernama Denpasar. Bali merupakan salah satu kota wisata yang sudah terkenal di dunia. Selain karena keindahan alam yang ditawarkan, kamu juga jangan sampai melewatkan makanan-makanan khas Pulau Bali yang tentunya memiliki rasa yang berbeda dari daerah-daerah yang ada di Indonesia. Berikut rekomendasi makanan khas Pulau Bali yang bisa kamu coba di sana.

1. Sate Lilit
Sate lilit merupakan makanan khas Bali yang terkenal. Makanan yang satu ini bisa terbuat dari daging ayam atau ikan yang digiling. Daging yang telah digiling kemudian dicampur dengan kelapa parut, kemudian dililit pada batang bambu atau batang sereh yang tebal. Sate lilit sangat nikmat bila dimakan bersama dengan nasi campur Bali. Meski begitum banyak juga yang menjualnya secara terpisah dengan didampingi sambal matah khas Bali yang begitu menggugah selera.

2. Ayam Betutu
Makanan khas Bali yang satu ini sudah sangat terkenal terutama di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Bali. Ayam betutu terbuat dari bumbu betutu, yaitu bumbu khas Bali yang terbuat dari campuran daun jeruk, sereh, salam, kunyit, kemiri, jahe, bawang merah, dan lain-lain, yang pasti terbuat dari rempah-rempah.

Bumbu ini nantinya akan dimasukkan ke dalam rongga di dalam tubuh ayam sebelum dimasak, agar bumbunya meresap dengan sempurna dalam olahan ayam tersebut dan menghasilkan cita rasa yang lezat. Cara memasaknya pun bisa direbus (betutu basah) maupun dipanggang (betutu kering).

3. Nasi Campur Ayam Bali
Tidak lengkap rasanya jika tidak membahas mengenai nasi campur. Seperti namanya makanan khas Bali satu ini menggunakan ayam sebagai lauk utama disamping campuran lauk lainnya. Hidangan satu ini terdiri dari nasi putih hangat, sate lilit, suwiran ayam sisit bumbu Basa Genep Bali, sayur urap, lawar ayam serta sambal matah dan sambal embe khas Bali.

4. Nasi Jinggo
Banyak yang bilang bahwa nasi jingo merupakan nasi kucingnya orang Bali. Namun kuliner yang satu ini rasanya lebih gurih dan sedikit pedas. Biasanya Nasi Jinggo disajikan dengan menggunakan daun pisang dan berisi sejumlah lauk pauk seperti kering tempe, mie, dan suwiran ayam. Tidak lupa pula tambahan serundeng, sambal dan potongan telur rebus yang membuat hidangan ini semakin nikmat. Terkadang nasi yang digunakan diganti dengan nasi kuning atau lauknya menggunakan daging.