breaking news New

Minuman Khas Gresik, Kaya Dengan Rasa

Jika kamu sedang berkunjung ke Jawa Timur, kamu tidak boleh melewatkan Kabupaten Gresik. Minuman minuman di Gresik sangat khas dan kaya dengan manfaat. Sehingga tidak hanya menyegarkan dan menghilangkan dahaga, tetapi juga menyehatkan tubuh. Tidak mengandung gula yang berlebihan atau bahan pengawet apapun, minuman khas Gresik sangat cocok untuk dihidangkan kapan saja.

Sekali kamu mencobanya, dijamin kamu akan ketagihan. Berikut ini beberapa minuman khas Gresik yang kaya dengan manfaat.

1. Kopi Kopyor Gresik

Minuman ini cukup terkenal dan dicari banyak warga setempat hingga wisatawan. Tak heran apabila ada beberapa warga yang memang menyicipi minuman ini dimanapun dan kapanpun, baik pagi, siang, sore, atau malam hari. Setiap daerah memiliki kopi masing masing, termasuk Gresik.

Kopi Gresik ini menciptakan tampilan dan bahan yang cukup berbeda, dibuat dengan mencampurkan bubuk kopi robusta yang sudah diseduh dengan air hangat, kemudian diaduk, dan disajikan untuk menemani kamu bersantai.

Kamu bisa menemukannya di café dengan kopi yang sudah diseduh sekitar Rp 15.000 saja atau kamu juga bisa membeli minuman yang dikemas dan bisa diseduh di rumah hanya dengan Rp 14.000 saja. Kopi ini juga bisa loh dihidangkan bersama dengan roti!

2. Es Siwalan

Minuman khas Gresik selanjutnya adalah Es Siwalan, minuman ini terdiri dari air kelapa muda, buah siwalan, daun pandan, gula merah cair, serta es batu. Minuman ini sangatlah khas dengan cita rasa manis dari gula merah yang dapat meningkatkan stamina kamu, terutama saat terik matahari karena dijamin bisa menghilangkan dahaga.

Kalau kamu ingin mencicipnya, kamu perlu ke Gresik dan bisa kamu temukan di para penjual Es Siwalan pinggir jalan hanya dengan harga Rp 5.000 saja. Murah bukan?

3. Legen Penceng

Menurut beberapa orang, minuman ini cukup mirip dengan Es Siwalan, namun proses pembuatannya cukup berbeda. Legen Penceng memiliki rasa yang lebih manis dari Es Siwalan, tetapi juga terasa sedikit asam.

Terbuat dari penyerapan buah lontar atau Siwalan yang kemudian diolah menjadi sebuah minuman yang segar. Buah lontar terasa mirip dengan buah kelapa, bahkan pohonnya juga sangat mirip dengan pohon kelapa, hanya saja aroma dari buah lontar lebih menyengat daripada buah kelapa. Kamu bisa membelinya hanya dengan harga Rp 5.000 saja loh!


Itu dia minuman khas Gresik yang murah meriah namun menyimpan sejuta rasa unik yang patut kamu coba. Penasaran?